Kamu Wajib Tahu Makanan Yang Baik Dan Tidak Untuk Sahur Ini!

Seriusanitu.com - Ramadhan sebentar lagi akan tiba, maka salah satu hal yang wajib dikerjakan setiap muslim ialah puasa ramadhan. Puasa ramadhan pun tak terlepas dari namanya makan sahur dan berbuka puasa. Enak ya yang berbuka dengan ini, itu. Tapi kalau sahur kamu bagaimana? Makanan apa yang kamu makan? atau kamu malah tidak makan sahur? Dan kamu sudah tahu belum, makanan yang baik dan tidak untuk sahur? Jika belum ayo cari tahu di sini.

Saya rasa semuannya pasti setuju saat berbuka puasa adalah salah satu momen terindah saat puasa tapi lain hal saat santap sahur. Banyak dari kita yang malas dan merasa ngantuk saat makan sahur.

Walau sejatinya makan sahur itu sunnah bukan berarti kita mengabaikannya, mengingat sahur merupakan cara kita mendapatkan asupan energi saat puasa nantinya.

Dalam santap sahur kita harus memilah dan memilih makanan yang tepat karena jika salah memilih makanan saat sahur bisa menyebabkan kalian cepat haus, mengantuk, dan bahkan membuat tubuhmu menjadi lemas saat menjalankan ibadah puasa di siang hari.

Karena itu, ada makanan yang dianjurkan dan sebaiknya dihindari saat sahur.

Ini Makanan Yang Baik Dan Tidak Untuk Sahur
Ini Makanan Yang Baik Dan Tidak Untuk Sahur
“Orang berpuasa itu yang paling penting tidak merasa lemas dan lapar di siang hari,” ujar dr Samuel Oetoro, MS, Sp.GK, dokter spesialis gizi klinik dari Siloam Hospital.
dr Samuel menyarankan untuk memilih menu sehat untuk santap sahur. Menu santap sahur sehat yang dimaksud yaitu kita diharuskan memakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak, sayur dan buah bisa dibilang 4 sehat 5 sempurna jika ditambah dengan susu.

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat ditemui pada nasi merah, nasi hitam, dan kentang yang direbus dengan kulitnya. Sementara lemak dan protein bisa diperoleh dari ikan, daging ayam, dan putih telur atau kamu juga dapat temui kandungan protein pada tahu dan tempe.

Selain murah, tahu dan tempe juga nggak kalah kok sama daging dan telur :D dan jangan lupa untuk mengonsumsi sayur dan buah yang juga mengandung serat tinggi. Terakhir kamu juga bisa menambah asupan energimu dengan meminum susu.

Selain itu, cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih tiga hingga empat gelas saat sahur.

dr Samuel menekankan untuk tidak mengonsumsi minuman manis berlebihan, karena bisa menyebabkan ‘kecelakaan energi’, yaitu gula darah naik dengan cepat dan dapat turun dengan cepat pula, yang menyebabkan orang mengantuk dan lemas di siang hari.

“Ingat, sahur jangan terlalu banyak makan gorengan dan bumbu penyedap MSG (Monosodium glutamate),” ujar dr Samuel mengingatkan.
Menurutnya, makanan yang digoreng dan banyak mengandung bumbu penyedap bisa menyebabkan anda menjadi cepat haus saat berpuasa. Untuk itu jangan atau kurangi makanan gorengan ya.

Selain itu, sebaiknya juga hindari makanan dan minuman yang banyak mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan minuman cokelat.

Perlu diketahui, kafein bersifat diuretik pada tubuh, yang bisa meningkatkan kebutuhan untuk buang air kecil. Bukan tidak boleh minum kopi atau teh tapi kan lebih baik kita minum air putih, selain sehat juga tidak ada efek sampingnya.

Baca Juga: Nggak Nyangka Ternyata Ada 'Kafe Jamban' Di Indonesia, Bagaimana Rupanya?

Semoga sedikit ulasan tentang Makanan Yang Baik Dan Tidak Untuk Sahur ini dapat menjadi gambaran untuk kalian saat santap sahur, dan semoga untuk ibadah puasanya selalu diberikan kemudahan oleh Allah S.W.T aamiin.

Terus semangat ya puasanya kalau bisa ditambah puasa sunnah hari Senin dan Kamis biar tambah berkah :D

0 Response to "Kamu Wajib Tahu Makanan Yang Baik Dan Tidak Untuk Sahur Ini!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel