Venezuela, Negara Paling Sering Tersambar Petir Mengapa Begitu?

Venezuela negara paling sering tersambar petir

Seriusanitu.com - Sudah tahukah kalian bahwa wilayah ini merupakan daerah terekstrim yang ada di dunia.

Wilayah yang dimaksud merupakan Negara Venezuela yang terletak di Benua Amerika, tepatnya di Amerika Selatan pada kawasan Danau Maracaibo yang bertemu dengan Sungai Cataumbo.
"Kenapa Venezuela Paling Sering Disambar Petir?"
Dilansir dari Daily Mail, di ketahui bahwa di danau tersebut setiap menit terjadi 28 kali sambaran petir, dan setiap tahunnya di lokasi yang sama itu memiliki 260 hari badai yang memicu munculnya petir. Bahkan, atmosfer yang "unik" di sekitar danau tersebut mampu menghasilkan 1,2 juta sambaran petir setiap tahun dan bahkan mampu terlihat dari jarak 400 Km.

Danau Maracaibo memang telah masuk ke dalam rekor dunia sebagai tempat paling banyak tersambar petir, setelah mengalahkan Kifuka, sebuah kota di Kongo, Afrika yang hanya memiliki 250 hari badai setiap tahun.

Banyak teori yang mencoba menjelaskan fenomena unik ini, salah satunya kemungkinan terjadinya banyak sambaran petir karena keunikan topografi wilayah di danau tersebut.

Cekungan Danau Maracaibo yang dikelilingi pengunungan terjebak angin hangat yang muncul dari Karibia.

Datangnya angin hangat tersebut menabrak udara dingin di lokasi dan jatuh di Pegunungan Andes. Para ilmuwan percaya kondisi ini memaksa angin terkondensasi menjadi awan dan selanjutnya menciptakan 28 sambaran petir per menit.
"Banyak titik petir terikat ke dalam fitur medan lereng gunung, garis pantai melengkung atau kombinasi dari keduanya. Dengan adanya penyimpangan pada medan tersebut bisa membantu menghasilkan pola angin, pola pemanasan pendinginan yang akan meningkatkan kemungkinan badai," jelas Daniel Cecil, tim peneliti petir dari Global Hydrology and Climate Centre.
Fenomena petir ini telah berlangsung sejak lama. Dan meski bagi sebagian besar orang ini merupakan fenomena yang mengerikan, namun tidak bagi sebagian besar nelayan yang terdapat di danau Maracaibo.

Karena bagi mereka, cahaya yang dihasilkan oleh kilatan petir mampu sebagai pengganti lampu mercusuar yang bisa menunjukan arah bagi mereka saat sedang mencari ikan.

Sambaran petir yang kerap terjadi juga tercatat mampu menolong negara Venezuela dari penyerangan pasukan invasi di masa lalu. Buku sejarah Venezuela mencatat petir di lokasi tersebut pada masa lalu bisa menggagalkan serangan kapal yang dinahkodai Sir Francis Drake dari Inggris. Peristiwa itu terjadi pada tahun 1595.

Kemudian petir juga bisa mengusir tentara Spanyol selama masa Perang Kemerdekaan Venezuela pada tahun 1823. Akibat serangan petir tersebut, pasukan tentara Spanyol terpaksa harus menunda kedatangan mereka ke Venezuela.

Meski petir menyambar tiap menit, ternyata fenomena unik ini pernah berhenti hingga beberapa pekan. Terakhir kali sambaran petir berhenti terjadi pada tahun 2010. Saat itu penduduk sekitar khawatir, kilatan petir yang menghilang itu sebagai efek dari kekeringan panjang yang terjadi.

Namun, saat itu, ternyata petir hanya berhenti selam lima pekan saja. Setelah itu petir kembali menyambar tiap menit di danau tersebut.

Jauh sebelumnya, pada tahun 1906, petir juga sempat tak menyambar lagi. Peristiwa tersebut terjadi setelah gempa besar di lepas pantai Kolombia dan Ekuador yang saat itu menyebabkan bencana besar tsunami.

Baca Juga: [ASLI] 10 Foto Putri Duyung Beserta Kisahnya Tanpa Rekayasa!

Itulah Tempat Yang Paling Sering Tersambar Petir Di Dunia. Semoga dengan informasi yang seriusanitu berikan ini mampu menambah pengetahuan kamu sekalian.

Oke, terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa untuk share info bagus ini dan terus baca informasi unik dari seriusanitu.com ya.

0 Response to "Venezuela, Negara Paling Sering Tersambar Petir Mengapa Begitu?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel