5 Buah Paling Baik Untuk Ibu Hamil

Seriusanitu - Selain mengonsumsi sayuran, para ibu hamil juga disarankan untuk lebih sering mengonsumsi berbagai jenis buah yang baik untuk ibu hamil. Karena seorang ibu hamil pastilah membutuhkan nutrisi lebih, terutama untuk janin yang dikandung agar sehat dan berkembang dengan baik.

Kebutuhan nutrisi tersebut dapat dilengkapi dengan berbagai jenis makanan seperti kacang-kacangan, daging, ikan, sayuran, dan tentunya buah-buahan segar. Buah-buahan selain memiliki berbagai macam jenis nutrisi seperti vitamin A, B, C, D juga mengandung berbagai macam serat yang menyehatkan.

Meskipun ada cukup banyak jenis buah yang disarankan untuk ibu hamil ternyata ada juga loh beberapa jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh seorang ibu hamil karena terdapat kandungan zat yang kurang baik seperti buah nanas, buah nangka, dan rajanya buah yaitu buah durian.

Untuk itu kali ini Seriusan itu akan membagikan 5 Buah yang paling baik untuk Ibu Hamil (Bumil).




Berikut 5 buah yang kami anjurkan untuk Ibu Hamil, semoga bermanfaat:


1) Kurma

Buah yang identik dengan negara Arab ini memang memiliki banyak kandungan gizi yang berkhasiat bagi ibu hamil. Ada beberapa kandungan nutrisi yang dimiliki buah Kurma antara lain kalium, serat, mangan, fosfor, besi, belerang, magnesium, dan kalsium.

Mineral seperti zat besi sangat bermanfaat bagi seorang ibu hamil. Karena zat besi ini bisa membantu tubuh memproduksi hemoglobin, sehingga ibu hamil bisa terhindar dari kemungkinan terkena anemia (kekurangan sel darah merah).

Sementara itu kandungan kalium yang dimiliki kurma dapat mengurangi kram yang sering dirasakan ibu hamil. Dan selain bisa menjadi makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama, kurma juga disarankan bagi Anda yang sudah memasuki masa kehamilan trimester akhir karena vitamin B dalam buah kurma bisa membantu untuk memperkuat dinding rahim.


2) Alpukat

Buah yang baik untuk Ibu Hamil selanjutnya adalah alpukat, salah satu buah yang rasanya lezat dan sering dijadikan jus ini ternyata mengandung berbagai macam manfaat untuk Ibu Hamil.

Selain rasanya yang lezat dan juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan, gizi yang terkandung dalam alpukat ternyata bisa membantu menjaga kesehatan ibu hamil. Kandungan seperti asam folat, kalium dan vitamin B kompleks, di mana zat-zat tersebut memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan tubuh dan berkhasiat untuk tumbuh kembang janin.

Asam folat adalah salah satu zat yang sangat bermanfaat bagi janin karena bisa membantu perkembangan otak dan tulang belakang. Apalagi pada trimester pertama, buah yg baik untuk ibu hamil ini bisa membantu mengatasi rasa mual dan muntah-muntah.


3) Apel

Apel merupakan salah satu buah yang paling terkenal di Indonesia karena rasanya yang nikmat dengan tekstur renyah yang dapat menggoyang lidah kita. Selain enak ternyata buah apel mengandung banyak nutrisi yang baik untuk ibu yang sedang hamil.

Banyak sekali vitamin-vitamin dalam buah apel yang dibutuhkan oleh ibu hamil, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan juga vitamin C. Buah apel juga memiliki kandungan serat yang dapat mengurangi gejala diare atau sembelit. Selain itu buah apel ini juga dapat membantu ibu hamil untuk menjaga berat badan idealnya.


4) Manggis

Buah manggis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat bermanfaat sebagai anti oksidan penangkal radikal bebas yang tidak baik bagi kesehatan terutama untuk ibu hamil. Dan ternyata vitamin C yang terkandung dalam buah manggis juga dapat membantu kondisi kulit pada ibu hamil untuk menjaga keelastisitasan kulit ibu hamil.

Sama seperti buah alpukat yang mengandung asam folat, manggis juga bermanfaat bagi perkembangan janin. Janin akan terhindar dari risiko terlahir prematur ataupun terlahir cacat. Sedangkan kandungan mangan pada manggis berfungsi sebagai pelindung tubuh dan juga sang janin dari gangguan radikal bebas.


5) Naga

Buah yang menyerupai naga ini selain memiliki bentuk dan rasa yang unik ternyata juga mengandung berbagai manfaat untuk ibu hamil.

Buah naga dapat mengeluarkan dahak atau riak yang sering mengganjak tenggorokan, selain itu buah ini juga mengandung cukup banyak vitamin yang bermanfaat untuk ibu hamil beserta janin yang dikandungnnya.



Catatan: Ada beberapa buah yang tidak baik untuk ibu hamil seperti yang telah disinggung di atas antara lain nanas. Kandugan bromelain yang ada pada nanas merupakan salah satu penyebab terjadinya persalinan dini atau bahkan keguguran. Selain buah nanas terdapat juga buah pepaya yang mengandung zat bernama lateks yang bisa memicu ibu hamil mengalami kontraksi yang dapat menyebabkan persalinan dini atau keguguran. Untuk itu cobalah hindari buah-buahan yang kurang baik untuk ibu hamil ya dan ada baiknya konsultasikan ke dokter kandungan anda.

Itulah 5 Buah Paling Baik Untuk Ibu Hamil. Semoga dengan artikel ini dapat bermanfaat untuk anda sekalian para ibu hamil ataupun suami yang baik hati ya hehehe, semoga persalinannya  nanti lancar ya dan jangan lupa untuk mencuci bersih buah-buahannya dahulu sebelum dikonsumsi.

Share artikel bermanfaat ini agar para ibu hamil tahu buah yang baik untuk kehamilan karena satu share anda sangat berarti untuk kesehatan berjuta-juta janin ( :

0 Response to "5 Buah Paling Baik Untuk Ibu Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel