5 Khasiat Yang Kamu Dapat Jika Selalu Makan Kurma

AADC Ada Apa Dengan Curma/Kurma? haha . . . Seperti judul sebuah film yang sangat legendaris di Indonesia terutama untuk para kalangan remaja. Kembali ke topik, Apa saja sebenarnya kandungan yang terdapat pada buah kurma sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh kita? Mari kita cari tahu!

Ada yang kurang afdol jika selama Bulan Ramadan kita tidak pernah memakan buah yang satu ini. Ya, kurma merupakan buah yang sangat digemari masyarakat Indonesia saat Bulan puasa tiba. Kurma memiliki rasa yang enak, legit dan manis yang akan memanjakan lidah kita saat waktu berbuka puasa tiba. Selain enak kurma juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak dan sangat berguna bagi tubuh kita.

Karena menurut penelitian buah kurma merupakan buah dengan kandungan nutrisi yang lengkap ditambah kandungan gula yang aman bagi para pengidap diabetes.

Berikut beberapa khasiat atau manfaat yang akan kamu dapatkan jika makan buah kurma:

5 Khasiat Yang Kamu Dapat Jika Selalu Makan Kurma
Kurma
(source: pixbay.com)

1). Menyehatkan pencernaan

Lima butir kurma (sekitar 45 gram) mengandung sekitar 115 kalori, yang hampir semuanya merupakan Karbohidrat. Jadi, wajar bila makanan ini tinggi serat dan membantu meningkatkan kesehatan pencernaan selama puasa. Kurma juga mengandung Vitamin B, Kalium serta Magnesium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang kita.


2). Meningkatkan kesehatan otak

Kekurangan cairan dan nutrisi selama berpuasa akan menurunkan daya kerja otak, untuk itu kita harus mengonsumsi makanan yang sehat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi kurma.

Sebuah studi di Amerika menemukan bahwa  kurma dapat meningkatkan fungsi otak termasuk membantu menurunkan jumlah hormon kortisol (hormon stres).


3). Detoksifikasi (pembersihan)

Dengan tidak makan atau minum sepanjang hari saja, tubuh secara otomatis akan mendetoksifikasi sistem pencernaan. Apalagi bila Anda mengonsumsi buah kurma.

Kandungan tinggi karbohidrat dan fruktosa yang ada pada kurma sangat berguna sebagai sumber energi tubuh. Kurma juga kaya akan vitamin A, C, B kompleks, tiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat serta diperkaya dengan mineral seperti kalium, kalsium, zat besi, fosfor, selenium, magnesium, natrium, cobalt, dan zink yang baik untuk tubuh.


4). Menurunkan kolesterol

Tim ahli jantung di Uni Emirat Arab menemukan, orang yang puasa dengan mengonsumsi kurma selama Ramadan mengalami pengurangan kolesterol dalam darah. Dengan begitu, peneliti menyimpulkan, puasa dan kurma dapat menurunkan kolesterol serta meningkatkan kesehatan jantung.

So, jagalah jantungmu dengan berpuasa dan memakan kurma ya.


5). Menyerap lebih banyak nutrisi

Saat puasa, tubuh akan mengalami peningkatan hormon yang disebut adiponectin, yang memungkinkan otot-ototmu untuk menyerap lebih banyak nutrisi. Dengan mengonsumsi kurma, kamu akan mendapatkan nutrisi yang cukup lengkap.


Itulah 5 Khasiat Yang Kamu Dapat Jika Selalu Makan Kurma, semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan kita. Dan admin seriusanitu mengucapkan selamat berpuasa dan semoga selalu diberikan kelancaran ya (aamiin).

2 Responses to "5 Khasiat Yang Kamu Dapat Jika Selalu Makan Kurma"

  1. keluarga kami juga selalu berbuka dengan kurma, karena memang besar manfaat yang bisa langsung dirasakan cheer

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tina, semoga tetap sehat ya dengan mengonsumsi kurma :-)

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel