Ternyata 10 Makanan Ini Malah Membuat Kita Menjadi Lapar!

10 Makanan Enak Ini Ternyata Bikin Perut Kamu Tambah Lapar! Loh kok bisa? Masa kita makan malah menjadi tambah lapar ya.

Pernah nggak kamu merasa lapar meski kamu baru saja memakan sesuatu? Hal ini tentu membuat kamu terlihat rakus. Padahal, makanan seharusnya bisa membantu kamu menambah energi dan membuatmu merasa kenyang. Namun tak selamanya lho makanan yang kita makan akan menambah energi kita dan membuat kita kenyang.

Pemilihan makanan yang salah akan memengaruhi otak hingga memproduksi hormon 'kelaparan'. Peningkatan hormon inilah yang akan membuat kamu jadi ingin terus-menerus mengunyah makanan, makan menggila dan terus-terusan memakannya.

Tanpa kamu sadari, makan lebih banyak karena lapar terus-menerus membuat tubuh pun berisiko jadi gemuk dan mudah membuat kita terserang berbagai macam penyakit. Jadi, sebelum hal tersebut terjadi alangkah baiknya kamu berhati-hati dalam memilih makanan, jika nggak mau berat badanmu jadi meningkat.

Berikut seriusanitu merangkum 10 Makanan Ini Malah Membuat Kita Menjadi Lapar:


1). Mie Instan


makan mi instant malah bikin lapar
Mi Instant
Siapa yang nggak suka sama mie instan? Makanan dengan harga murah meriah dan lezat ini dapat dinikmati siapa saja, apalagi cara membuatnya yang cukup praktis. Namun tahukah kamu bahwa mi instant mengandung kadar glikemik atau penguat rasa yang tinggi yang akan membuat kamu merasa cepat lapar.

Menurut para peneliti di University of Sussex in the U.K. mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi glikemik atau penguat rasa dalam produk makanan akan merasakan lapar 30 menit lebih cepat dari pada orang yang tidak mengonsumsi penguat rasa. Nah, mendingan nggak usah makan mie lagi deh, khususnya mie instant.


2). Kentang Goreng dan Keripik

Makanan yang membuat lapar keripik
Keripik Dan Kentang
Meskipun kentang merupakan bagian dari sayuran yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi, tetapi manfaat baik tersebut akan tertutupi oleh tepung untuk menggoreng yang mengandung karbohidrat sederhana. Kentang goreng dan keripik kentang adalah cemilan asin yang bisa dikatakan musuh utama diet dan kurang baik bagi kesehatan.

Meskipun kelezatannya selalu menggiurkan lidah, sayangnya camilan kentang ini nggak cepat bikin kamu kenyang. Malah akan membuat kamu terasa cepat lapar. Rasa asin yang dihasilkan kentang hanya akan menghipnotismu untuk makan kentang terus dan itu nggak akan buat kamu jadi kenyang.

Ada baiknya kamu mengolah kentang dengan cara direbus, dengan begitu kandungan vitamin dalam kentang pasti akan dapat diterima dan lebih berguna bagi tubuhmu.


3). Biskuit dan Kue Kering

Makan biskuit dan kue kering malah membuatmu kelaparan
Biskuit dan Kue Kering
Makanan olahan berbahan tepung seperti biskuit dan kue kering sering sekali dikonsumsi untuk mengganjal perut yang lapar. Namun seperti yang diungkap dari beberapa penelitian ditemukan bahwa makanan ini hanya akan mengenyangkan perut dalam jangka waktu yang sebentar, dan memicu rasa lapar dari perutmu.

Hal ini terjadi karena kandungan gula (glukosa) yang tinggi akan memicu kadar gula darah cepat naik. Selain akan membuat mudah lapar, kenaikan gula darah juga akan membuatmu cepat mengantuk lho.

Jadi, solusinya, pilihlah biskuit dengan bahan whole grain dan mengandung sedikit gula.


4). Roti

apa benar roti mengenyangkan?
Roti bakar
Roti mengandung karbohidrat simple yang bisa memicu rasa laparmu lebih cepat. Roti juga merupakan makanan ber-indek glikemik tinggi yang bisa meningkatkan gula darah dengan cepat serta mampu merangsang otakmu menjadi ketagihan untuk mengonsumsinya lagi dan lagi.

Memang, roti adalah makanan praktis yang sering dipilih hampir semua orang untuk mengganjal perut yang sedang lapar. Tapi, tahukah kamu bahwa kandungan tepung terigu dan gula yang cukup tinggi dalam roti hanya akan membuatmu hanya merasa kenyang "sesaat". Hasilnya, meski telah memakan roti kamu akan tetap merasa lapar dan selalu ingin menyantap banyak makanan olahan lainnya.

Sehingga roti tidak cocok untuk kamu yang sedang ingin berdietkan?


5). Sereal Manis

makanan yang membuatmu kembali menjadi lapar yaitu sereal manis
Sereal yang manis
Banyak orang memilih sarapan pagi dengan mengonsumsi sereal, selain karena praktis penyajiannya juga karena sereal memiliki rasa yang enak. Namun, jika tujuan sarapan untuk menjaga perut kenyang maka memilih sereal bukanlah solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan perutmu.

Kenapa? Karena sereal yang lebih banyak mengandung tepung terigu dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh. Akibatnya, kamu akan merasa cepat lapar meski telah sarapan dalam jumlah yang banyak.

Maka pilihlah sereal yang tak mengandung gula banyak atau topping dengan pemanis buatan. Sereal yang memiliki rasa original akan lebih baik bagi tubuhmu.


6). Makanan yang Mengandung MSG 

Ternyata 10 Makanan Ini Malah Membuat Kita Menjadi Lapar!
MSG
Penyedap masakan atau monosodium glumat (MSG) adalah bahan kimia yang ditambahkan dalam makanan, agar rasa makanan tersebut menggugah selera penikmatnya. Dengan cara menguatkan rasa utama makananmu.

Kamu bahkan bisa menjumpai bahan kimia ini di hampir semua jenis makanan kemasan, terutama snack-snack ringan dan cemilan-cemilan kering.

Para peneliti di Universiti of Sussex juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi MSG dalam kurang dari 30 menit (setelah mengonsumsinya) akan merasakan lapar lagi. Itulah kenapa camilan asin bikin berat badanmu cepat naik karena kamu akan makan dan makan lagi karena kamu tidak akan merasa kenyang.


7). Daging Kaleng (kemasan)

bahaya daging kemasan kaleng
Daging olahan
Daging olahan yang mengandung MSG berlebih ternyata meningkatkan nafsu makan seseorang hingga 40%. Orang yang sering mengonsumsi daging olahan berisiko tiga kali lebih besar untuk mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Daging olahan juga terkadang dibuat dengan daging yang banyak mengandung lemak sehingga memicu penyumbatan pembuluh darah. Buat kamu yang sering makan daging olahan sebenarnya memperpendek hidup sendiri karena berisiko tinggi mengidap penyakit jantung dan kanker.

Serem kan? Jadi, masih mau mengonsumsi daging olahan secara berlebih? Berubahlah dan pilihlah makanan yang lebih sehat ya!


8). Jus

jus kaleng tidak sehat?
Jus kaleng
Biasanya jus masih menjadi favorit bagi pecinta diet hingga kini. Ini karena banyak yang menganggap jus adalah cara yang tepat untuk mendapatkan manfaat dari sayuran atau buah-buahan yang menyehatkan. Namun, ternyata jus seringkali kehilangan nutrisi penting tertentu karena proses pengolahannya terutama jus kaleng ya.

Karena jus kaleng banyak memiliki kandungan gula dan terlalu banyak air, hal inilah yang akan menyebabkan jus kehilangan seratnya. Jika mengonsumsi jus yang terlalu banyak kandungan gulanya, dapat menyebabkan lonjakan gula dan hal inilah yang akan membuat kamu cepat merasa lapar bahkan resiko terkena diabetes.

Jus memang baik dikonsumsi kamu saat sedang diet, tapi sebaiknya tidak meminum jus kemasan dan buatlah jus sendiri dari olahan buah segar tanpa diberi gula tambahan agar manfaat jus masih bisa kita dapatkan.


9). Permen Karet

Ternyata 10 Makanan Ini Malah Membuat Kita Menjadi Lapar!
Permen karet
Salah satu makanan yang akan membuat perut kita malah menjadi lapar adalah permen karet. Karena mengunyah permen karet akan menimbulkan air liur terus keluar dari rongga mulut.

Hal inilah yang akan membuat lambungmu mengeluarkan cairan asam lambung untuk mempersiapkan diri menerima makanan yang ditelan. Tapi, karena permen karet nggak bisa kamu telan, maka tubuh hanya akan terus mengeluarkan sinyal kelaparan.

Jadi, siapa bilang permen karet bisa membuat kamu nggak kelaparan hayo?


10). Sushi
Makanan yang bikin lapar
Sushi/ susi
Makanan yang membuatmu lapar terakhir adalah sushi. Makanan asal jepang yang satu ini mungkin terdengar sehat dan mengenyangkan karena menggunakan bahan daging ikan pilihan. Sayangnya kebanyakan sushi mengandung karbohidrat berlebih karena menggunakan nasi putih.

Misalnya nih, California Roll Sushi yang kandungan karbohidratnya setara dengan tiga iris roti tawar. Seperti tepung putih, nasi putih dan pasta putih tentunya akan membuatmu cepat lapar karena mengandung karbohidrat sederhana yang cepat dicerna tubuh.

Selain itu sushi kan olahan daging ikan mentah jadi sebaiknya kamu makan makanan yang matang saja dan lebih sehat agar kamu memiliki tubuh yang sehat.


Itu dia makanan yang bisa bikin perut kamu makin lapar setelah mengonsumsinya. Sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan tersebut jika nggak mau berat badanmu makin bertambah. Selain membuat lapar lebih cepat, makanan di atas juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuhmu. Mulai sekarang, bijaklah dalam memilih makanan agar tubuh selalu segar dan bugar setiap hari.

0 Response to "Ternyata 10 Makanan Ini Malah Membuat Kita Menjadi Lapar!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel