20 Arti Kata Sansekerta Terkeren Bagian1

1. Wira atau Vira berarti pemberani, pendekar, atau pahlawan. Nama ini biasa dipakai dalam lingkungan militer, seperti Wira Yudha dan Wira Bhakti.

Arti kata wira sangsekerta pemberani
Wira = Pemberani


2. Ratna berarti permata. Dapat disandingkan dengan kata lain seperti Ratna Sari yang berarti inti permata, dan Ratna Segara yang berarti lautan permata.

Arti kata ratna sangsekerta adalah permata
Ratna = Permata


3. Indra berarti penguasa atau raja. Indra juga berarti pemilik tetesan, mengacu pada sosok Indra, dewa hujan dan penguasa surga (swargaloka). Nama Indra juga dapat dipadatkan menjadi bentuk lain, seperti Mahendra dari kata Maha Indra dan Ganendra dari kata Gana Indra. Bentuk perempuan dari nama Indra adalah Indri.

Arti kata indra sangsekerta adalah penguasa
Indra = Penguasa


4. Wimala berarti suci atau tak bernoda. Nama ini lebih sering dipakai untuk anak perempuan.

Arti kata sangsekerta wimala adalah tak bernoda
Wimala = Tak Bernoda


5. Adi berarti yang pertama, utama, atau paling besar. Nama ini biasanya diberikan pada anak pertama. Nama adi juga bisa disandingkan dengan kata lain, seperti Adi Karya yang berarti karya terbesar.

arti kata sangsekerta adi adalah pertama
Adi = Pertama


6. Dipta berarti cerah, terang, atau putih. Dipta juga adalah nama lain dari Laksmi, Dewi Kemakmuran dalam mitologi India. Nama Dipta bisa digunakan untuk anak perempuan atau laki-laki.

Arti kata sangsekerta dipta adalah cerah
Dipta = Cerah


7. Budi atau Budhi berarti akal, pikiran, atau kecerdasan. Nama ini berhubungan dengan kata Buddha yang berarti pikiran yang tercerahkan.

Arti kata sangsekerta budi adalah akal
Budi = Akal


8. Giri berarti gunung. Nama ini dapat disandingkan dengan kata lain, semisal Giri Tirta yang berarti air pegunungan.

Arti kata sangsekerta giri adalah gunung
Giri  = Gunung


9. Bayu, atau Vayu, berarti angin. Bayu juga adalah sosok Dewa Angin dalam mitologi India dan Persia.

Arti kata sangsekerta bayu adalah angin
Bayu = Angin


10. Kusuma berarti bunga. Nama ini bisa diberikan pada anak laki-laki ataupun perempuan, serta dipasangkan dengan kata lain seperti Kusuma Wardhani atau Kusuma Wardhana.

Arti kata sangsekerta kusuma adalah bunga
Kusuma = Bunga


11. Saraswati atau Sarasvati berarti aliran atau yang mengalir. Nama ini awalnya merupakan nama sebuah sungai di India, kemudian dikenal juga sebagai nama dewi ilmu pengetahuan dan seni.

Arti kata sangsekerta saraswati adalah air yang mengalir
Saraswati = Air yang Mengalir


12. Bajra atau Vajra berarti berlian atau halilintar. Bajra juga merupakan nama senjata atau alat upacara yang biasa dipakai dalam ritual-ritual Hindu, Buddha, dan Jain.

Arti kata sangsekerta saraswati adalah bajra yang berlian
Bajra = Berlian


13. Pertiwi atau Pratiwi berarti bumi. Istilah Ibu Pertiwi berarti Ibu Bumi, atau Dewi Bumi yang menumbuhkan segala jenis tanaman.

Arti kata sangsekerta pertiwi adalah bumi
Pertiwi = Bumi


14. Nanda berarti bahagia. Dalam kisah wayang, Nanda adalah nama ayah angkat Kresna / Krisna. Nama ini bisa digunakan untuk anak laki-laki ataupun perempuan.

Arti kata sangsekerta nanda adalah bahagia
Nanda = Bahagia


15. Surya berarti matahari. Surya juga berarti dewa matahari dalam mitologi India. Kata ini juga biasa digunakan untuk menyebut matahari secara puitis dalam Bahasa Indonesia.

Arti kata sangsekerta surya adalah matahari
Surya = Matahari


16. Aditya berarti putra Aditi. Dalam Kitab Purana, Aditya adalah sebutan untuk para dewa yang dilahirkan oleh Aditi, dewi penguasa alam raya.

Arti kata sangsekerta aditya adalah putra aditi
Aditya = Putra Aditi


17. Agni berarti api. Agni juga adalah sosok Dewa Api dalam mitologi India. Nama Agni dapat diberikan pada anak laki-laki ataupun perempuan.

Arti kata sangsekerta agni adalah api
Agni = Api


18. Paramita berarti kesempurnaan. Nama ini mengacu pada puncak keluhuran dari nilai-nilai yang diagungkan manusia. Seperti Pradnya Paramita yang berarti kesempurnaan hikmah.

Arti kata sangsekerta paramita adalah kesempurnaan
Paramita = Kesempurnaan


19. Santi atau Shanti (dibaca Syanti) berarti damai. Varian nama ini adalah Santika atau Shantika (kadang juga ditulis Cantika), yang bermakna doa untuk kedamaian.

Arti kata sangsekerta santi adalah damai
Santi = Damai


20. Yuda atau Yudha berarti perang atau pertempuran. Nama Yuda sering digunakan di lingkungan militer, misalnya Jaya Yudha atau Cakra Yudha.

Arti kata sangsekerta yuda adalah perang
Yuda = Perang

0 Response to "20 Arti Kata Sansekerta Terkeren Bagian1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel