Wow 1284 Planet Baru Ditemukan NASA, 9 Bisa Dihuni Manusia?

NASA mengatakan sebanyak 1.284 planet baru telah ditemukan oleh Kepler teleskop, menandai penemuan terbesar exoplanets yang pernah diumumkan pada satu waktu. Eksoplanet merupakan planet yang mengorbit di luar tata surya kita.

Sembilan dari planet berpotensi layak huni karena suhu permukaan yang relatif memungkinkan manusia untuk dapat hidup. Serta memungkinkan adanya sumber air dipermukaan.

NASA menambahkan. Kepler teleskop, yang diluncurkan pada tahun 2009 lalu, kini telah menemukan 21 eksoplanet dengan karakteristik yang sama.

Kepler sendiri adalah misi pertama dari NASA untuk dapat menemukan planet yang berpotensi dapat dihuni oleh manusia layaknya bumi.
"Ini memberi kita harapan bahwa di suatu tempat di luar sana, di sekitar bintang seperti kita, kita akhirnya bisa menemukan Bumi lain,"    
Ujar Ellen Stofan, kepala ilmuwan di kantor pusat NASA di Washington, DC.
Wow 1284 Planet Baru Ditemukan NASA, 9 Bisa Dihuni Manusia?
Masih banyak planet lainnya di dunia ini yang menunggu untuk ditemukan
550 planet Kepler baru kecil kemungkinan berbatu; 9 dari mereka memungkinkan untuk dapat dihuni manusia.

Penemuan baru-baru ini lebih dari dua kali lipat jumlah exoplanet - planet di luar sistem tata surya kita - yang telah ditemukan oleh Kepler. Sehingga sekarang ada 3.264 exoplanet yang telah dikenal, 2.325 diantaranya yang ditemukan oleh Kepler.

Selain 1.284 planet baru yang diumumkan oleh NASA, teleskop Kepler juga menemukan 1.327 objek yang memungkinkan untuk disebut sebagai calon exoplanet baru. NASA mengklasifikasikan calon planet hanya ketika memiliki probabilitas lebih besar dari 99%. Sementar 1.327 calon exoplanet tersebut tidak memenuhi ambang batas, sehingga penelitian lebih lanjut diperlukan.
"Sebelum Kepler teleskop diluncurkan, kita tidak tahu apakah exoplanet yang langka atau umum di galaksi",  
"Terima kasih kepada Kepler dan komunitas riset, kita sekarang tahu masih banyak planet yang lebih dari bintang. Pengetahuan ini menginformasikan misi masa depan yang diperlukan untuk membawa kami semakin dekat untuk mencari tahu apakah kita sendirian di alam semesta ataukah tidak "   
Paul Hertz, direktur Divisi Astrofisika di NASA.
Baca Juga: Berita Menarik Lainnya

0 Response to "Wow 1284 Planet Baru Ditemukan NASA, 9 Bisa Dihuni Manusia?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel