Hore Hari Sabtu Dijadikan Hari Libur Sekolah Nasional, Kamu Sudah Tahu?

Hari Sabtu Dijadikan Hari Libur Sekolah Nasional
Hari Sabtu Dijadikan Hari Libur Sekolah Nasional


Seriusanitu - Bersorak para siswa jika memang benar Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) benar-benar merealisasikan hari Sabtu menjadi hari libur nasional. Dengan begitu para siswa sekolah mulai dari TK hingga SLTA akan mendapatkan waktu lebih banyak untuk dapat beristirahat dan berkumpul dengan keluarga di rumah.

Sebenarnya telah banyak Pemerintah Daerah yang telah menerapkan bahwa hari Sabtu menjadi hari libur sekolah. Meski begitu secara nasional belum menetapkannya, karena hingga saat ini masih dalam proses pengkajian.

Mendikbud Muhadjir Effendy menuturkan, keputusan Sabtu sebagai hari libur pendidikan nasional akan segera dikeluarkan. Dengan keputusan ini maka setiap daerah di seluruh Indonesia akan secara kompak menjadikan hari Sabtu dan Minggu menjadi hari libur nasional.

"Saat ini masih finalisasi. Kami kaji aspek hukumnya," kata Muhadjir setelah menjadi pembicara kunci dialog pendidikan di kantor Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) kemarin (8/9). Menurut beliau, rencana menjadikan hari Sabtu menjadi hari libur juga masih akan menanti restu dari Presiden.

Dengan ditetapkannya Sabtu sebagai hari libur nasional, lanjut dia, ada konsekuensi penambahan jam pada Senin-Jumat. Beban belajar anak-anak pun mungkin akan bertambah. Meski waktu belajar disekolah menjadi lebih sedikit namun tetap saja dengan menjadikan hari Sabtu menjadi hari libur akan menambah keceriaan para siswa yang mungkin sangat penat dan lelah dengan segala rutinitas yang telah ada (Senin-Jum'at).

Menurut mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu, banyak sekali manfaatnya bila Sabtu ditetapkan sebagai hari libur sekolah nasional. Di antaranya, anak-anak jadi memiliki waktu yang lebih untuk beristirahat dan berlibur dengan keluarganya.

"Faktor wisata keluarga ini bisa menggerakkan ekonomi masyarakat," kata dia. Muhadjir belum bisa memastikan kapan rencana Sabtu sebagai hari libur sekolah nasional itu keluar. Mungkin momentum paling tepat untuk menerapkan kebijakan itu adalah awal tahun pelajaran baru 2017-2018, pertengahan tahun depan.

Kalau menurut kalian bagaimana? Setujuhkah dengan rencana ini?
Jangan lupa share keteman-temanmu ya agar mereka senang juga hehehe :D

0 Response to "Hore Hari Sabtu Dijadikan Hari Libur Sekolah Nasional, Kamu Sudah Tahu?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel